#trulyComfort for Hajj & Umra
Home » Blog » Ini Ketentuan Baju Ihram Wanita Sesuai Sunah

Ini Ketentuan Baju Ihram Wanita Sesuai Sunah

Baju ihram adalah pakaian yang dikenakan oleh jamaah haji atau umrah saat melakukan ibadah di Mekah dan sekitarnya. Baju ihram khususnya bagi pria terdiri dari dua lembar kain yang longgar dan berwarna putih, dan memiliki arti simbolis sebagai tanda kesederhanaan dan persatuan di antara umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah tersebut.

Bagi wanita, baju ihram memiliki beberapa perbedaan dari baju ihram yang dikenakan oleh pria. Salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah dalam hal model dan cara mengenakannya. Wanita memakai baju ihram yang lebih longgar, menutupi seluruh tubuh dan tidak terlalu menonjolkan lekuk tubuh.

Selain itu, ada beberapa aturan dan panduan dalam mengenakan baju ihram yang harus diperhatikan oleh wanita. Selengkapnya, simak berikut ini yuk truFriends!

Baca Juga: Berbagai Arti Mimpi Naik Haji

Pakaian Ihram Wanita Sesuai Sunah

Ihram adalah rukun haji atau umrah. Sehingga, hal ini tidak boleh dilewatkan oleh para jemaah haji dan umrah. Apabila dilewatkan, maka ada denda yang harus dibayarkan oleh pelanggar. Untuk baju ihram wanita sendiri sebenarnya tidak ada hal khusus, asalkan harus menutup aurat.

Hal penting yang perlu diketahui, selama berihram jamaah wanita dilarang memakai penutup wajah seperti niqab atau burqa. Serta dilarang menggunakan sarung tangan tertutup. Adapun memakai kaus kaki adalah wajib, karena kaki merupakan bagian dari aurat wanita. 

Hal tersebut berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW:

وَلَاتَنْتَقِبِ المَرْأَةُ الْمُحْرِمَةُ، وَلَا تَلْبَسِ الْقُفَّازَيْنِ

Artinya: “Jangan sekali-kali wanita yang sedang ihram itu mengenakan cadar penutup muka dan jangan pula memakai kaos tangan.” (HR Al-Bukhari)

Sementara itu, warna pakaian ihram wanita diperbolehkan warna apa saja. Namun beberapa sumber merekomendasikan untuk menggunakan warna yang tidak mencolok selama menjalankan ibadah haji atau umrah, seperti warna netral, yakni putih atau hitam.

Ketentuan ihram di atas berdasarkan hadis dari Ibnu Umar, yang berbunyi:

سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَنْهَى النِّسَاءَ فِي الْإِحْرَامِ عَنْ الْقُفَّارِ وَالبَقَابِ وَمَا مَسَّ الْوَرْسُ وَالزَّعْفَرَانُ مِنْ القِيَابِ وَلْتَلْبَسُ بَعْدَ ذَلِكَ مَا أَحَبَّتْ مِنْ أَلْوَانِ القِيَابِ مُعَصْفَرًا أَوْ خَزًا أَوْ حُلِيًّا أَوْ سراويل أو قبيصًا

Artinya: “Aku mendengar Rasulullah SAW melarang kaum wanita yang hendak berihram memakai sarung tangan, penutup muka, pakaian yang ditaburi minyak za’faran dan waras. Mereka boleh memakai pakaian warna apapun sesukanya, baju kurung, sutra, perhiasa, celana, dan gamis.” (HR Ahmad, Tirmidzi, & Abu Dawud)

Sunah Sebelum Ihram

Sebelum berihram, ada beberapa sunah yang harus dilakukan jemaah. Berikut adalah sunahnya:

  • Mandi, meskipun dalam keadaan haid atau nifas;
  • Memakai wangi-wangian pada tubuh sebelum ihram;
  • Memotong kuku, mencukur rambut dan bulu badan;
  • Shalat sunnah ihram dua raka’at.

Larangan Ketika Berihram 

Ihram memiliki arti keadaan seseorang yang telah berniat untuk melaksanakan ibadah haji atau umrah. Maka dari itu ada sejumlah larangan untuk jamaah haji dan umrah ketika dalam keadaan ihram. Larangan-larangannya adalah:

  • Memakai wewangian kecuali sudah digunakan sebelum niat haji atau umrah;
  • Memotong kuku;
  • Mencukur, mencabut rambut dan bulu badan;
  • Memburu dan menganiaya/membunuh binatang dengan cara apa pun, kecuali binatang yang membahayakan jemaah;
  • Memakan hasil buruan;
  • Memotong kayu-kayuan dan mencabut rumput;
  • Menikah, menikahkan atau meminang perempuan untuk dinikahi;
  • Bersetubuh dan melakukan perilaku yang mendatangkan syahwat;
  • Mencaci, bertengkar serta mengucapkan kata-kata kotor;
  • Melakukan kejahatan dan maksiat;
  • Memakai pakaian yang dicelup dengan bahan pewangi.

Baca Juga: Begini Bacaan Niat Umrah Lengkap Beserta Artinya

Dapatkan Baju Ihram Wanita yang Praktis & Nyaman

Itulah informasi lengkap mengenai ketentuan pakaian ihram wanita sesuai sunnah. Sekarang, truFriends dapat mengetahui pakaian haji dan umrah wanita yang akan dibawa ke tanah suci. truFriends juga tidak perlu bingung untuk beli pakaian ihram wanita di mana, karena L.tru punya Bless Series yang berisi rangkaian pakaian haji dan umrah lengkap.

truFriends bisa dapatkan rangkaian pakaian ihram wanita dengan lengkap dan praktis di L.tru sekarang juga. Dengan Bless Series, truFriends sudah dapat rangkaian koleksi nyaman dan elegan yang berisi set gamis atau set tunik dan celana, bergo hajj, inner hijab, manset shalat, serta kaus kaki dalam satu tas yang praktis.

Bahannya pun nyaman dan adem, sehingga truFriends tidak akan merasa gerah ketika berada di Tanah Suci nanti. Selain itu, paket pakaian haji dan umrah ini juga bisa digunakan untuk keperluan tampilan dan beribadah sehari-hari.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, dapatkan Bless Series L.tru sekarang juga hanya di website L.tru! #UmraAttire #HajjAttire #IbadahNyaman #HajjStories #UmraStories

Tuliskan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Keranjang belanja

L.tru - Hampers Neyrins
- +
1 × Rp175.000
×

L.tru Official

Selamat datang di Toko Kami. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang, ada yang bisa Saya bantu